Tujuan Khusus Program PLP
PLP di Lembaga Sekolah Formal
- Mengamati secara langsung kultur dan lingkungan sosial di satuan pendidikan untuk memahami dinamika interaksi antarwarga sekolah.
- Mengidentifikasi struktur organisasi dan tata kelola kelembagaan yang berlaku di satuan pendidikan sebagai dasar pemahaman manajemen pendidikan.
- Menganalisis peraturan, tata tertib, dan budaya disiplin yang berlaku di satuan pendidikan sebagai bagian dari pembentukan karakter peserta didik.
- Mengamati pelaksanaan kegiatan seremonial baik formal maupun nonformal (seperti upacara bendera, rapat guru, peringatan hari besar, dan kegiatan lainnya) sebagai bagian dari kehidupan sekolah.
- Mengamati kegiatan rutin yang mencakup kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang proses pendidikan.
- Mengkaji praktik-praktik pembiasaan serta kebiasaan positif yang ditanamkan di lingkungan sekolah kepada peserta didik.
- Menganalisis kurikulum serta perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
- Menganalisis strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan guru di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.
- Mempelajari sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menilai pencapaian belajar peserta didik.
- Mendampingi dan membantu guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengembangkan media pembelajaran, bahan ajar, serta instrumen evaluasi.
- Mengkaji pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam mendukung proses pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman.
- Melaksanakan latihan mengajar secara terbimbing di bawah arahan guru pamong dan dosen pembimbing PLP sebagai sarana untuk mengalami secara langsung proses pembelajaran sekaligus memperkuat identitas profesional sebagai calon pendidik.
- Melaksanakan kegiatan pendampingan peserta didik baik dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler sebagai bagian dari penguatan peran sosial guru.
- Membantu guru dalam menyelesaikan tugas-tugas administratif yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.
PLP di Satuan Lembaga /Dinas Terkait Pendidikan Nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi kebutuhan pendidikan nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakanan program dan pembelajaran pendidikan nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam monitoring dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam proses administrasi organisasi pendidikan nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengelolaan SDM organisasi pendidikan nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengelolaan informasi yang dapat menunjang proses organisasi pendidikan nonformal
- Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun laporan sebagi wujud akuntabilitas organisasi pendidikan nonformal.