Tujuan Khusus Program PLP

PLP di Lembaga Sekolah Formal 

  1. Mengamati secara langsung kultur dan lingkungan sosial di satuan pendidikan untuk memahami dinamika interaksi antarwarga sekolah.
  2. Mengidentifikasi struktur organisasi dan tata kelola kelembagaan yang berlaku di satuan pendidikan sebagai dasar pemahaman manajemen pendidikan.
  3. Menganalisis peraturan, tata tertib, dan budaya disiplin yang berlaku di satuan pendidikan sebagai bagian dari pembentukan karakter peserta didik.
  4. Mengamati pelaksanaan kegiatan seremonial baik formal maupun nonformal (seperti upacara bendera, rapat guru, peringatan hari besar, dan kegiatan lainnya) sebagai bagian dari kehidupan sekolah.
  5. Mengamati kegiatan rutin yang mencakup kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang proses pendidikan.
  6. Mengkaji praktik-praktik pembiasaan serta kebiasaan positif yang ditanamkan di lingkungan sekolah kepada peserta didik.
  7. Menganalisis kurikulum serta perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
  8. Menganalisis strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan guru di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.
  9. Mempelajari sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menilai pencapaian belajar peserta didik.
  10. Mendampingi dan membantu guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengembangkan media pembelajaran, bahan ajar, serta instrumen evaluasi.
  11. Mengkaji pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam mendukung proses pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman.
  12. Melaksanakan latihan mengajar secara terbimbing di bawah arahan guru pamong dan dosen pembimbing PLP sebagai sarana untuk mengalami secara langsung proses pembelajaran sekaligus memperkuat identitas profesional sebagai calon pendidik.
  13. Melaksanakan kegiatan pendampingan peserta didik baik dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler sebagai bagian dari penguatan peran sosial guru.
  14. Membantu guru dalam menyelesaikan tugas-tugas administratif yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.


PLP di Satuan Lembaga /Dinas Terkait Pendidikan Nonformal 

  1. Mengembangkan kemampuan   mahasiswa dalam mengidentifikasi kebutuhan pendidikan nonformal
  2. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakanan program dan pembelajaran pendidikan nonformal
  3. Mengembangkan kemampuan   mahasiswa   dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan nonformal
  4. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam monitoring dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan nonformal
  5. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam proses administrasi organisasi pendidikan nonformal
  6. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengelolaan SDM organisasi pendidikan nonformal
  7. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengelolaan informasi yang dapat menunjang proses organisasi pendidikan nonformal
  8. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun laporan sebagi wujud akuntabilitas organisasi pendidikan nonformal.